3/25/2014

Web Science dan Penalaran lainya




Gambar 1.1 Web Science

Web Science merupakan suatu ilmu untuk membuat dan memanipulasi sebuah web. Web yang berarti dapat menampilkan animasi, tulisan gambar maupun video. Pentingnya web science adalah suatu pemanfaatan dari sebuah web agar dapat dirasakan oleh khalayak masyarakat . Dengan adanya tampilan dari web yang menarik dapat berperan penting agar masyarakat dapat menikmati web ini dengan nyaman dan merasa di permudah. Contoh yang nyata ialah dari segi bidang pendidikan , ekonomi , social dan masih banyak lagi.

Gambar 1.2 konsep Hypertext

Hypertext merupakan sebuah pola antarmuka dalam menampilkan dokumen. Dimana dapat bercabang k eke dokumen lain .Yang paling banyak digunakan dalam dunia computer ialah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink.Hipertext adalah basic dari keseluruhan text , dimana kita dapat membaca , mencari dan memanipulasinya.


Gambar 1.3 Internet

Internet merupakan jalan cerita dari web science ini . Dimana kita sebagai pengguna sangat membutuhkan apa itu internet. Di jaman yang modern ini internet merupakan tempat atau sebuah jembatan untuk mengkakses kehidupan dunia maya. Akibat internet kita dapat berinteraksi dengan orang-orang yang jauh kapanpun, dimanapun sesuai dengan keinginan kita. Dalam hal keseharian ketika kita ingin membuka sebuah aplikasi Facebook, disini alat yang sangat dibutuhkan setelah computer ialah jaringan internet yang stabil. Internet dibutuhkan sebagai media jaringan yang mengantarkan kita kedalam sebuah aplikasi facebook ini, dan kita dapat menikmati internet dengan sesuka hati.

Gambar 1.4 FTP (File Transfer Protocol)

FTP ( File Transfer Protocol ) di gunakan sebagai protocol jaringan standar yang berfungsi mentransfer file atau sebuah data dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server. Dengan seperti ini pengguna dapat mengotentikasi sendiri menggunakan username dan password . FTP ini telah banyakdikembangkan untuk desktop , sever dan perangkat mobile.

Gambar 1.5 Versi WEB 1.0 sampai WEB 3.0
 

Web 2.0 dimana merupakan perkembangan dari web 1.0 yang hanya dapat read-only ,yang dimaksud ialah hanya bisa melakukan pencarian informasi yang di inginkan. Berbeda dengan versi web 2.0 yang dapat read and write. Banyak fitur – fitur terbaru dari versi sebelumnya , tapi pada kenyataanya keuntungan dan kelebihan dari web 2.0 ini berbanding balik dengan web 1.0 yaitu pengguna berkemungkinan dapat melihat suatu konten website tanpa harus mengunjungi situs tersebut. Anda dapat melakukan drag and drop, auto complete , chat dan vois layaknya aplikasi desktop. Hal yang paling unggul di versi ini ialah share data.

Gambar 1.6 Arsitektur Web
 
 
Arsitektur web merupakan suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Dalam hal ini seperti teknis bagian fungsional dan criteria yang sesuia dengan kebutuhan pengguna dengan maksud mempermudah kepada pengguna. Potensi menjadi istilah yang digunakan dalam merancang dan mengatur konten pada website. Disini kita akan menggambarkan bagian-bagian dari grafis , kontras secara teknis, dan melanjutkan perancangan sampai dengan proses penerbitan sebuah situs web tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. 

 
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar diharapkan untuk jiwa yang membangun